Anak yang Kelebihan Berat Badan

Anak yang Dirawat Nenek Berisiko Kelebihan Berat Badan

Vera Farah Bararah - detikHealth




Anak yang Dirawat Nenek Berisiko Kelebihan Berat Badan

Vera Farah Bararah - detikHealth


London, Bukan rahasia lagi kalau kakek-nenek sangat memanjakan cucunya. Apa pun keinginan si cucu seperti makanan dan bermalas-malasan pantang rasanya untuk ditolak. Tapi perilaku kakek dan nenek itu bisa menimbulkan risiko kelebihan berat badan si anak.

Studi di Inggris menunjukkan anak yang dirawat secara penuh oleh kakek neneknya memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan.

International Journal of Obesity melaporkan anak-anak usia 3 tahun yang dirawat secara penuh oleh kakek neneknya memiliki risiko 34 persen lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan dibandingkan anak-anak yang dijaga oleh pengasuh atau orangtuanya.

Studi ini melibatkan 12.000 anak yang menggunakan data dari Millenium Cohort Study dengan memperhatikan kesehatan anak-anak yang berusia 9 bulan hingga 3 tahun dan lahir di Inggris pada tahun 2000-2001.

Hasil penelitian menunjukkan anak-anak yang dirawat paruh waktu dengan kakek neneknya memiliki risiko kelebihan berat badan 15 persen lebih tinggi, sedangkan jika dirawat penuh waktu sebesar 34 persen lebih tinggi. Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University College London.

Hal ini biasanya disebabkan kakek-nenek yang lebih memanjakan cucunya, seperti memberikan makanan sebagai hadiah atau kurangnya si anak mendapatkan aktifitas fisik. Hal lain yang dipertimbangkan adalah latar belakang sosial-ekonomi, pekerjaan dan gelar ibunya serta apakah orangtuanya masih tinggal bersama.

"Menitipkan anak-anaknya untuk dijaga oleh kakek-nenek memang alternatif terbaik bagi orangtua yang bekerja. Tapi sikap anak yang terlalu penurut, kakek dan nenek yang terlalu memanjakan serta kurangnya aktifitas fisik menjadi penyebab anak-anak mengalami kelebihan berat badan," ujar ketua studi Professor Catherine Law, seperti dikutip dari BBCNews, Senin (15/2/2010).

Prof Law menambahkan beberapa hal mungkin bisa membantu mencegahnya seperti menghindari pemberian makanan sebagai hadiah, melakukan berbagai aktifitas fisik yang menyenangkan dengan cucunya di halaman rumah serta tidak terlalu memanjakan dan menuruti semua kemauan cucu.

Kelebihan berat badan adalah salah satu masalah yang kompleks karena berkaitan dengan berbagai faktor, diperkirakan setiap tahun jumlah anak yang mengalami kelebihan berat badan diberbagai negara mengalami peningkatan.

(ver/ir)

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Anak yang Kelebihan Berat Badan"

Back To Top